Angka di dalam kurung pada bagian akhir setiap pertanyaan menyatakan nilai maksimum yang diperoleh bila pertanyaan yang bersangkutan dijawab dengan benar.
- Jelaskan mengapa pengamatan perkembangan penyakit kerdil tanaman pisang dilakukan terhadap jumlah rumpun sakit per kebun, bukan terhadap jumlah individu tanaman sakit per rumpun atau terhadap jumlah daun bergejala per tanaman? (10)
- Tentukan dan jelaskan10)
- Silahkan unduh file Tabel 1 dan simpan file dengan nama file yang sesuai ketentuan yang diberikan pada soal ujian. Dengan menggunakan data pada Tabel 1, silahkan: (a) hitung kejadian/keparahan penyakit pisang (pilih salah satu sesuai dengan jawaban Pertanyaan 2) di setiap dusun, (b) buat kurva perkembangan penyakit di setiap dusun, dan (c) hitung luas daerah di bawah kurva perkembangan penyakit di tiap-tiap dusun, masing-masing dengan mengikuti panduan yang diberikan pada file Tabel 1. Beri nama file setiap jawaban dengan nama utsgenap2020^2021_jawaban3_namamahasiswa, di mana namamasiswa=nama depan dan nama belakang mahasiswa, semuanya dalam huruf kecil, nama tengah (bila ada) tidak perlu dicantumkan. Unggah file dengan nama yang sesuai dengan ketentuan untuk menjawab pertanyaan ini. (15)
- Silahkan unduh file Tabel 2 dan simpan file dengan nama file yang sesuai ketentuan yang diberikan pada soal ujian. Dengan menggunakan data Tabel 2, silahkan lakukan analisis regresi linier derajat satu terhadap hasil transformasi MONIT, LOGIT, dan GOMPIT terhadap data kejadian/keparahan penyakit (pilih salah satu) di setiap dusun masing-masing pada sheet MONIT, sheet LOGIT, dan sheet GOMPIT dan selanjutnya lakukan evaluasi gabungan terhadap hasil enalisis regresi pada sheet EVALUASI. Ikuti panduan yang diberikan pada file Tabel 2 dalam melakukan analisis regresi dan melakukan evaluasi hasil analisis regresi. Beri nama file setiap jawaban dengan nama utsgenap2020^2021_jawaban4_namamasiswa, di mana namamahasiswa=nama depan dan nama belakang mahasiswa, semuanya dalam huruf kecil, nama tengah (bila ada) tidak perlu dicantumkan. Unggah file dengan nama yang sesuai dengan ketentuan untuk menjawab pertanyaan ini (15)
- Berdasarkan atas hasil analisis regresi yang telah dilakukan untuk menjawab Pertanyaan 4, sesuai dengan hasil evaluasi gabungan terhadap hasil analisis regresi sebagaimana dimuat pada sheet EVALUASI, tentukan apakah penyakit kerdil tanaman pisang merupakan penyakit monosiklik atau penyakit polisiklik dan jelaskan dengan menggunakan hasil analisis tersebut, mengapa Anda menyimpulkan demikian (15).
- Berdasarkan atas hasil analisis regresi linier derajat satu sebagaimana yang Anda peroleh sebagai jawaban Pertanyaan 4, tentukan persamaan regresi perkembangan penyakit di setiap dusun dan berdasarkan persamaan tersebut, tentukan di dusun mana penyakit berkembang paling cepat dan berapa laju intrinsik perkembangan penyakit tercepat tersebut disertai dengan satuan yang tepat (10).
- Setelah membaca informasi rinci mengenai virus kerdil pisang sebagaimana diberikan dalam situs CABI Invasive Species Compendium, jelaskan manakah yang paling mungkin menyebarkan penyakit kerdil pisang masuk ke Provinsi NTT, vektor terinfeksi yang terbang dari provinsi terdekat atau bibit terinfestasi serangga vektor yang dibawa masuk dari luar provinsi (5).
- Dengan menggunakan diagram berskala dari artikel Diagrammatic scale to assess downy mildew severity in melon, tentukan persentase keparahan penyakit pada daun 1, daun 2, daun 3, daun 4, dan daun 5 pada Gambar 3 dengan menuliskan daunx=y, di mana x=nomor daun dan y=angka keparahan penyakit tepung hasil penaksiran (%) (10).
- Seandainya penyakit tepung pada tanaman melon merupakan penyakit yang berkembang dengan sangat cepat sehingga gejalanya menyebabkan daun bergejala menjadi mengering dalam beberapa hari, tentukan cara pengukuran penyakit yang lebih tepat daripada pengukuran keparahan penyakit dan jelaskan bagaimana cara mengukur penyakit dengan menggunakan ukuran tersebut (5)
- Jelaskan apakah angka keparahan penyakit dalam satuan % tersebut dapat dimasukkan ke dalam rumus I=[(sigma(n*v))/(Z*N)]*100 sebagaimana yang diuraikan pada materi kuliah 3. Gejala dan Tanda sebagai Satuan Pengukuran Populasi Penyakit Tumbuhan. Berapa nilai Z dan nilai N yang digunakan dalam perhitungan tersebut? Apakah angka 100 tetap dipertahankan atau harus dihilangkan karena data yang dimasukkan merupakan data persentase? (5).
Pertanyaan Kelengkapan Ujian Tengah Semester
Silahkan unduh file Lembar Kelengkapan Ujian Tengah Semester untuk menyampaikan (1) lembar tabulasi
komentar dan atau pertanyaan dan menanggapi
pertanyaan dan/atau komentar yang disampaikan oleh mahasiswa lain
digunakan untuk memberi nilai tugas, (2) lembar tabulasi tautan (lin)
pembagian blog dan materi kuliah melalui media sosial akan digunakan
untuk memberi nilai softskill, dan (3) lembar tabulasi hasil pengamatan
OPT pada tanaman yang telah Anda tentukan. Selanjutnya silahkan melengkapi setiap sheet yang terdapat pada file tersebut dan mengganti bagian namamahasiswa dalam nama file dengan nama nasing-masing, lalu setelah dilengkapi dan nama file diganti, silahkan mengunggah file tersebut melalui Lembar Jawaban Ujian.
Pertanyaan Latihan Pembelajaran Kasus
Angka di dalam kurung pada bagian akhir setiap pertanyaan menyatakan nilai maksimum yang diperoleh bila pertanyaan yang bersangkutan dijawab dengan benar.
- Di desa/kelurahan manakah Anda melaksanakan pengamatan penyakit tanaman untuk mengerjakan latihan pembelajaran kasus, siapa nama pemilik pertanaman yang Anda gunakan mengerjakan latihan pembelajaran kasus, apa jenis tanaman yang Anda amati, apa nama penyakit pada tanaman yang Anda amati, dan apa nama patogen penyakit tersebut? (20)
- Pilih satu foto yang menunjukkan keadaan tanaman yang Anda amati di lokasi pengamatan untuk mengerjakan latihan pembelajaran kasus lalu salin nama file foto tersebut
menjadi LPK-EPT_semestergenap2020^2021_fotolokasi_namamasiswa, ganti
namamahasiswa dengan nama depan dan nama belakang masing-masing lalu
unggah file sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini (20).
- Unggah file hasil pengukuran koordinat geografik tanaman sampel dalam format CSV dengan mencantumkan kolom nomor sampel, lintang selatan, bujur timur, dan kejadian/keparahan penyakit, simpan file dengan nama LPK-EPT_semestergenap2020^2021_datakoordinat_namamasiswa, ganti namakelompok dengan nama depan dan nama belakang masing-masing lalu unggah file sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini (25).
- Buat peta Google My Maps untuk menunjukkan lokasi tanaman sampel yang Anda amati dengan menggunakan file data pada Pertanyaan 3, salin URL peta yang sudah Anda buat, lalu tempel URL tersebut sebagai jawaban terhadap pertanyaan ini (25).
- Jelaskan mengapa dalam mengerjakan latihan pembelajaran kasus Anda perlu melakukan pengamatan penyakit secara berulang, tidak cukup hanya satu kali (10)?