Selamat Datang

Selamat datang di blog baru matakuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana. Blog ini menggantikan blog sebelumnya dengan nama yang sama tetapi dengan URL dan materi yang berbeda. Tulisan pada blog terdiri atas ringkasan materi pokok bahasan yang diajarkan dalam matakuliah ini. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat materi seluruh pokok bahasan atau klik tombol Postingan Lama untuk membaca postingan materi kuliah dari awal. Klik menu Smt Genap 2021/2022 untuk memeriksa dosen pengampu, tugas, dan jadwal perkuliahan. Silahkan kunjungi blog secara rutin dan jelajahi bagian-bagiannya untuk memperoleh berbagai informasi yang diperlukan dan bagikan blog dengan mengklik pilihan media sosial berbagi pada tepi kiri blog atau bagikan materi kuliah dengan mengklik pilihan media sosial pada setiap materi kuliah.

Friday, March 15, 2024

Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 untuk mata kuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan dari dosen Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D. dilaksanakan secara daring pada Selasa, 19 Maret 2024 mulai pada pukul 18.00 sampai Rabu, 20 Maret 2024 pukul 18.00 WITA. Silahkan mengakses dan mengerjakan soal dan pertanyaan ujian serta memasukkan lembar jawaban ujian dengan menggunakan komputer, tablet, atau ponsel pintar. Namun sedapat mungkin, terlebih dahulu unduh soal dan pertanyaan ujian untuk dikerjakan secara luring dengan menggunakan komputer laptop/notebook/desktop untuk kemudian digunakan mengunggah lembar jawaban ujian dengan menggunakan tablet atau ponsel pintar.

Menyiapkan Diri Melaksanakan Ujian
Sebelum mengikuti ujian, silahkan membaca kembali materi kuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan yang diujikan oleh dosen penguji sebagai berikut:

  1. 1.1. Epidemiologi Penyakit Tumbuhan (1): Apa dan Mengapa Perlu Dipelajari
  2. 1.2. Epidemiologi Penyakit Tumbuhan (2): Perkembangan Penyakit Tumbuhan sebagai Proses Perubahan Populasi
  3. 2.1. Mengamati Populasi Penyakit Tumbuhan (1): Satuan Pengamatan dalam Mengamati Populasi Penyakit Tumbuhan
  4. 2.2. Mengamati Populasi Penyakit Tumbuhan (2) : Cara Melakukan Pengamatan dan Menentukan Sampel untuk Diamati
  5. 3.1. Menganalisis Perkembangan Penyakit Tumbuhan dalam Waktu (1): Kurva Kemajuan Penyakit
  6. 3.2. Menganalisis Perkembangan Penyakit Tumbuhan dalam Waktu (2): Analisis Regresi terhadap Data Kemajuan Penyakit
  7. 3.3. Menganalisis Perkembangan Penyakit Tumbuhan dalam Ruang (1): Gradien Spasial Penyakit Tumbuhan dan 3.4. Menganalisis Perkembangan Penyakit Tumbuhan dalam Ruang (2): Pola Spasial Penyakit Tumbuhan
Setelah membaca kembali setiap materi kuliah, silahkan memastikan bahwa Anda telah:

  1. Menyampaikan komentar dan/atau menanggapi komentar yang disampaikan oleh mahasiswa lain
  2. Membagikan materi kuliah melalui media sosial masing-masing
  3. Memasukkan laporan mengerjakan tugas kuliah bersama-sama dengan memasukkan laporan melaksanakan kuliah.
  4. Memasang dan mengaktifkan add-ins Analysis ToolPak atau SmartStatXL dalam program aplikasi tabel lajur Excel
  5. Memasang program analisis statistik R dan kemudian antarmuka RStudio di komputer
Pada saat mengerjakan ujian Anda akan diminta melakukan analisis data dengan menggunakan program aplikasi dan memasukkan bukti bahwa Anda sudah melakukan hal-hal tersebut di atas

Mematuhi Ketentuan Pelaksanaan Ujian Tengah Semester 
Ujian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 ini dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Melakukan login dengan menggunakan nama dan alamat email yang sesuai dengan nama masing-masing. Jawaban ujian dengan nama dan alamat email yang tidak sama dengan nama masing-masing tidak akan dinilai. Jika belum mempunyai akun email yang menggunakan nama yang sesuai dengan nama masiing-masing, silahkan membuat akun email yang sesuai dengan ketentuan.
  2. Sebelum menjawab pertanyaan ujian, Anda disilahkan membaca kembali catatan dan materi kuliah, membaca buku teks, dan artikel jurnal ilmiah yang diberikan sebagai pustaka. 
  3. Untuk menjawab pertanyaan ujian, Anda HARUS menyusun kalimat jawaban dan melakukan perhitungan dan/atau melakukan analisis sendiri. Anda DILARANG menyalin dan menempel jawaban dari tulisan blog atau dari tulisan dari sumber manapun, termasuk menyalin dan menempel jawaban mahasiswa lain atau menyalin dan menempel dari Internet
  4. Jawaban yang Anda masukkan akan diperiksa dengan menggunakan program aplikasi khusus untuk mengetahui apakah Anda menyalin dan menempel jawaban dari sumber lain. Jika Anda melanggar ketentuan ini maka akan diberikan nilai 0 untuk setiap jawaban yang terindikasi ditulis dengan menyalin dan menempel.
  5. Memasukkan jawaban terhadap pertanyaan ujian melalui tautan Lembar Jawaban Ujian hanya satu kali, memeriksa untuk memastikan bahwa lembar jawaban ujian sudah masuk, menandatangani daftar hadir melaksanakan ujian, dan memriksa untuk memastikan bahwa Anda telah menandatangani daftar hadir.
Melaksanakan Ujian Tengah Semester
Untuk melaksanakan ujian, Anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Mengunduh KASUS UJIAN dan PERTANYAAN UJIAN (klik setelah tautan diaktifkan) untuk mulai mengerjakan ujian tengah semester. Silahkan terlebih dahulu menjawab pertanyaan mengetikkan atau mengerjakan analisis dengan menggunakan program aplikasi yang ditentukan untuk menjawab setiap pertanyaan,
  2. Mengunduh file FORMULIR REKAPITULASI (klik setelah tautan diaktifkan) yang terdiri atas sheet Komentar&Tanggapan sheet Pembagian Blog&Materi untuk diisi sesuai dengan panduan yang diberikan pada sheet masing-masing untuk dimasukkan dengan cara mengunggah file yang sudah diisi melalui LEMBAR JAWABAN UJIAN.
  3. Mengunduh file KONTRAK KULIAH (klik setelah tautan diaktifkan) dan mengunggah file yang telah disetujui oleh Ketua Kelas melalui LEMBAR JAWABAN UJIAN
  4. Mengunduh file TABULASI DATA HASIL PENGAMATAN (klik setelah tautan diaktifkan) penyakit bercak daun kacang tanah untuk dilengkapi dengan menggunakan data hasil pengamtan
  5. Menjawab pertanyaan pertanyaan ujian dan memasukkan LEMBAR JAWABAN UJIAN (klik setelah tautan diaktifkan) dan menandatangani DAFTAR HADIR MELAKSANAKAN UJIAN (klik setelah tautan diaktifkan) paling lambat pada Rabu, 20 Maret 2024 pukul 18.00 WITA
Untuk memudahkan Anda mengerjakan ujian dan menghemat paket data apabila Anda mengakses Internet dengan menggunakan paket data, silahkan lakukan sebagai berikut:
  1. Mengaktifkan koneksi Internet untuk mengunduh soal/pertanyaan ujian dan file formulir rekapitulasi melalui tautan (link) yang diberikan.
  2. Mematikan akses Internet selama mengerjakan jawaban pertanyaan ujian dengan terlebih dahulu mengetikkan menggunakan program aplikasi Word. Pastikan jawaban untuk setiap Pertanyaan Ujian tidak lebih dari 150 kata dengan memblok jawaban dan kemudian mengklik menu Review>Word Count.
  3. Setelah menjawab semua pertanyaan ujian, aktifkan kembali sambungan Internet dan klik tautan LEMBAR JAWABAN UJIAN untuk menyalin jawaban dari program aplikasi Word dan menempel pada kotak jawaban yang sesuai dengan Pertanyaan Ujian.
Setelah setiap pertanyaan pada Lembar Jawaban Ujian selesai diisi, aktifkan Kirim salinan tanggapan saya untuk mengirimkan salinan jawaban Anda ke email, lalu silahkan klik tombol Kirim untuk memasukkan Lembar Jawaban Ujian. Untuk memastikan bahwa LEMBAR JAWABAN UJIAN yang Anda kirimkan sudah masuk, silahkan klik tautan (link) untuk memastikan. Perhatikan bahwa setiap mahasiswa hanya dapat mengirimkan Lembar Jawaban Ujian satu kali. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua pertanyaan sudah terisi sebelum mengklik tombol Kirim. Tunggu beberapa menit sampai Lembar Jawaban Ujian telah terkirim.

Setelah Memasukkan LEMBAR JAWABAN UJIAN
Setelah melaksanakan ujian tengah semester secara daring, Anda perlu melakukan hal penting sebagai berikut:
  1. Memeriksa email untuk memastikan Lembar Jawaban Ujian sudah diterima oleh sistem. 
  2. Memeriksa untuk MEMASTIKAN (klik setelah tautan diaktifkan) telah menandatangani daftar hadir. 
Jika Anda tidak menandatangani daftar hadir dan tidak memasukkan Lembar Jawaban UTS maka Anda akan memperoleh nilai 0 untuk semua komponen penilaian yang terkait dengan UTS ini.

Hak cipta blog dan tulisan: I Wayan Mudita
Revisi pertama: Belum dilakukan

Creative Commons License
Hak cipta selurun tulisan pada blog ini dilindungi berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License. Silahkan mengutip tulisan dengan merujuk sesuai dengan ketentuan perujukan akademik.